jump to navigation

Trik Menyisihkan Penghasilan Juli 26, 2009

Posted by planktongirl in Buah Pemikiran.
trackback

Pada kenyataannya, banyak orang yang berpenghasilan besar sering kali kesulitan untuk menyisihkan uang dari penghasilannya. Bahkan ada yang sudah berpenghasilan puluhan juta, tapi masih tetep saja susah buat mereka untuk bisa menyisihkan penghasilan agar bisa di investasikan dan diputar menjadi lebih besar lagi.

Oleh karena itu, ada beberapa trik yang bisa kamu pakai untuk bisa menyisihkan penghasilan, sebelum penghasilan itu habis kamu pakai.

  • Menabung dimuka, jangan dibelakang

Coba dech di ingat lagi, apakah kamu selalu menabung dibelakang setelah membelanjakan penghasilan kamu? bila ya..Pantes saja kamu jarang bisa menabung, kenapa? karena uang kamu selalu saja habis tak berbekas. Maklum, uang lebih enak di pake daripada di tabung. Jadi daripada ditabung dibelakang setelah membelanjakan semua gaji kamu, kenapa tidak mencoba menabung di muka segera, setelah kamu baru mendapatkan gaji. Dan hasilnya uang kamu pasti terselamatkan sebelum habis terpakai.

  • Pakai celengan

Eitz..Jangan kaget, yang namanya celengan itu tidak selalu buat anak kecil, tapi juga untuk orang dewasa. Bedanya apa yg kamu celeng. Kalau anak kecil nyeleng koin, entah seratus, lima ratus, atau seribu. Kamu bisa nyeleng misalkan lembaran Dua Puluh Ribu Rupiah, dan tetapkan tekad : JANGAN PERNAH GUNAKAN UANG ITU UNTUK BELANJA. Langsung saja masukan uang itu ke celengan, jadi setiap bertemu dengan uang Dua Puluh Ribu langsung di celengin. Begitu seterusnya, Kamu akan kaget begitu tau jumlah yang bisa kamu kumpulin di akhir bulan.

  • Atur Pengeluaran Kamu

Banyak di antara kita yang tidak menyadari bahwa sering mengalami defisit kalau kita mempunyai keinginan yang timbul secara mendadak. Defisit bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk pertengkaran antara suami istri, oleh karena itu, cobalah untuk tidak mengalami defisit karena defisit adalah sumber dari segala sumber masalah. Ada 2 cara yang bisa diperhatikan dalam mengatur pengeluaran :

  1. Bedakan kebutuhan dengan keinginan
  2. Pilih prioritas terlebih dahulu
  • Hati – hati dengan utang

Tahukah kamu perbedaan antara ngutang dan nabung?…Jelas sangat kelihatan bedanya, Menabung berarti bersusah – susah dahulu bersantai – santai kemudian, sedangkan ngutang bersantai – santai dulu baru merasakan susahnya di belakang. Jadi ketahuilah kapan saatnya kamu berutang dan kapan saatnya tidak.

  • Memikirkan anggaran di masa depan

Kebanyakan dari kita terkadang terjebak hidup untuk hari ini saja, tapi melupakan bahwa masih ada pengeluaran yang harus dipersiapkan di masa depan. Ada 4 alasan mengapa mengapa orang tidak mempersiapkan dana dari sekarang,

  1. Merasa belum mendesak ; banyak orang yang tidak mau mempersiapkan dana sejak sekarang untuk semua pengeluaran di masa depannya, hanya karena merasa belum mendesak. Padahal, justru dengan kesempatan waktu yg cukup lama, kamu bisa menyisihkan uang sedikit – sedikit saja dari sekarang. Jadi semakin lama waktu yang kamu miliki, maka semakin ringan beban kamu untuk mempersiapkannya dari sekarang.
  2. Merasa sudah tidak perlu lagi, toh sekarang sudah memiliki cukup dana ; Jangan terlena dengan kekayaan atau dana besar yang kamu punyai sekarang. Bagaimanapun, itu bukan jaminan bahwa kamu bisa membayar pengeluaran – pengeluaran di masa depan. Jaminan kamu adalah berapa banyak dari kekayaan yang ada sekarang yang bisa kamu sisihkan untuk pengeluaran di masa depan.
  3. Merasa sudah tidak perlu, karena penghasilan yang cukup besar ; Penghasilan kamu sekarang bukan jaminan bahwa kamu akan mendapatkan penghasilan yang lebih besar lagi pada beberapa tahun mendatang. PHK, resesi ekonomi, dan pengurangan pegawai besar – besaran bisa membuat penghasilan kamu yang besar sekarang menjadi lebih kecil dari sebelumnya.
  4. Pasrah ; Jangan pernah berprinsip membiarkan hidup mengalir seperti air, air memang mengalir tapi kamu bukan air kan? kamu manusia yang mempunyai hak untuk menentukan kemana kamu akan mengalir. Jadi jangan lagi kamu mengikuti air yang mengalir karena kalau air itu mengalir ke got, masa kamu mau ikut?

Keberhasilan memang sering kali sangat membutuhkan pengorbanan, salah satunya mengubah pola pikir, dan yang paling penting BERTINDAK !!! Do it now !!! Jangan tunggu samapai besok. Maka kamu akan kaget melihat hasilnya.

Komentar»

1. Hamster Copo - Juli 26, 2009

Untuk nomer 2 & 3 it’s OK tapi untuk nomer 1, 3 dan 5 ampun deeh aku nyerah apa lagi yang ‘atur pengeluaran kamu’..tampaknya aku enggak bisa deeh karena aku selalu saja menghabiskan duit aku untuk beli pulsa *nyengir*

2. planktongirl - Juli 27, 2009

@ Hamster copo ~> ckckckc…dasar hamster..

3. Andri Journal - Juli 27, 2009

Lihan, pengusaha sukses dari Kalsel pernah berujar,”Anda ingin berbisnis? Segera lakukan, jangan pernah ragu dan takut rugi. Kalau Anda takut, maka selamanya Anda tidak akan pernah menjadi pengusaha sukses. Sebagaimana halnya anak kecil yang belajar berjalan, dia tidak akan pandai berjalan kalau belum merasakan jatuh. Uang Anda akan habis, walau disimpan dimana pun. Kalau uang tidak habis, maka Andanya yang habis”

4. eoin - Juli 28, 2009

aku gak pernah nabung sih, eh nabung juga, cuman buat supaya ga bawa cash banyak-banyak, soale clumsy.

pertimbangan yang lain juga, bank syariah masih belum aksesable banget, mmmm… jadi binun..

kalau buat masa depan sih aku takut, misalnya gini, “nyimpen duit ah, buat persiapan kalau masuk rumah sakit” takutnya kata-kata ini malah jadi doa, dan kita jadi masup rumah sakit beneran😛

5. planktongirl - Juli 28, 2009

@ Andri jurnal ~> betul juga tch … klo disimpan az, ngga dipergunain, percuma juga..

@ eoin ~> hehehe…klo takut mikirx sakit beneran ya udah, bikin niat az ngumpulin duit buat kawin..pa tau jadi beneran..kan ucapan bisa jadi doa’.. ^_^

6. pakacil - Juli 29, 2009

saya mungkin termasuk kelompok orang boros
tapi saya tetap punya celengan lho…
sudah hampir penuh nih…

7. Joddie - Juli 30, 2009

Hmmm… kereeeeeeen….gue suka artikel ini.. sumpah!!

8. anas - Agustus 18, 2009

aku sih pengennya punya tabungan khusus buat berwisata.jd pas dapat jatah cuti, sdh ada dana khususnya…
gmn kabar?

9. Uchan - Agustus 24, 2009

Duh saya masih agak rancu pas baca *menabung di muka (maksudnya di awal yah)

Dulu waktu sekolah, anak2 sekelas ribut, sampai gurunya kesal dan teriak, “semuanya diam dan lihat ke muka!!!”

Saya dan teman2 pun melihat muka guru itu… (duh)

10. planktongirl - Agustus 24, 2009

@ pakacil ~> nah tuw kebetulan..low udah penuh di transfer az k’celenganx yatie..kan ngga enak banget low kepenuhan..bawaanx sumpek..hehehe…

@ Joddie ~> Makasih flend..

@ A’anas ~> hehehe..boleh juga tuw..alhamdulillah fine2 azh..

@ uchan ~> hahaha..k’bangetan dch kamu..masa muka gurux di tatapin gitu..gini maksudx pas dah nerima gaji..tch gaji 1/4x langsung az d’tabungin..tanpa nunggu nanti2..

11. agung chandra presetya - November 8, 2009

ini di dia yg blm bisa q lakuin,
menghemat,
setiap uang saku bulanan yg dikasih ortu biasanya habis sblm sebulan,
makasih ya tips n sarannya.
Semoga aq bisa hemat.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: