jump to navigation

Melamun Mei 24, 2009

Posted by planktongirl in Buah Pemikiran.
trackback

Kebanyakan orangtua sering menegur putra putri mereka yang melamun. Namun, kegiatan melamun tidak selalu berarti negatif.Menurut hasil riset, kegiatan ini rupanya dapat membantu otak menyelesaikan persoalan kompleks dalam hidup seseorang.“Melamun seringkali dinilai sebagai pekerjaan yang buruk, sama seperti kemalasan atau kecerobohan. Namun ternyata bahwa otak akan bekerja aktif pada saat seseorang melamun. Bahkan lebih aktif dibandingkan pada saat kita fokus mengerjakan pekerjaan rutin.

“Pada saat Kamu melamun, Kamu tidak bisa segera mencapai apa yang diinginkan. Namun pikiran Kamu akan memanfaatkan saat itu untuk menyampaikan pertanyaan terpenting dalam hidup Kamu.

Kuantitas dan kualitas aktivitas otak menunjukkan bahwa seseorang yang berjuang untuk menyelesaikan masalah sulit akan memiliki kemampuan lebih baik dalam menyelesaikan masalah yang lebih mudah, mereka pun sering melamun untuk merenungkan masalah sejenak.

Ilmuwan kemudian menganalisa momen-momen ketika partisipan melamun melalui pemindai otak. Rupanya, pada saat melamun otak mengalami keadaan kognitif yang sangat penting, di mana pada saat itu pikiran akan beralih memikirkan dan berusaha memecahkan masalah penting dalam kehidupan.

Komentar»

1. aidicard - Mei 24, 2009

Emm.. image headernya termasuk melamun ga tuh? hi3x..

2. amirstanishev - Mei 25, 2009

susahnya membedakan antara melamun dan berfikir, mungkin yang menjadi masalah para orang tua, atau ketidak sempurnaan arti kata melamun sendiri yang mengandung makna memikirkan sesuatu dan fikiran kosong😛 aktivitas traffiic dalam otak atau no traffic at all. yang kedua mungkin harus dikhawatirkan, kosongnya otak dari pemikiran berpotensi membuka dunia linear asimetris yang ada.

3. Hoiron - Mei 25, 2009

Melamun emang di larang apalagi ditempat yang sepii takutnya kesambet alias kemasukan rooh–rooh halus,,Tapi aku sering melamun hanya untuk memaparkan *alaa* ide–ide aku…sebelum melamun aku hanya memiliki satu ide dan itupun buntu alias tidak menemukan jalan keluar tapi setelah aku melamun ide itu menyebar semakin banyak dan tidak jarang sering kali ide–ide tuuh melenceng dari harapan,,dasar otak kotor,,otak–otak mesum..hehe!!

4. vianadbs - Mei 25, 2009

melamun akan membuat kita berpikir….. maka, jika orang melamun , pasti berpikir juga…

5. planktongirl - Mei 27, 2009

@ aidicard ~> bukanx melamun tapi memandang

@ amir ~> iya betul

@ hoiron ~> nyadar ndiri nich ceritax hehehee…

@ viana ~> iya berfikir tapi ngga tau dch mikirx apa..

6. lian - Juni 2, 2009

klo gw mah klo kelamaan ngelamun suka ketiduran

7. ksemar - Juni 3, 2009

Melamun….. jenis makanan apa tuh.. maaf hanya canda. salam kenal dari kami, masyarakat marginal sumut

8. Iklan Gratis - Juli 19, 2009

Saya senang melamun, tetapi nggak melamun tanpa berpikir (kosong) melainkan melamun sambil mencoret-coret di kertas, jadi melamunnya bisa tetap produktif.

Btw, topik ini ringan tetapi tetap menarik!

Mantap nih Infonya, salam kenal!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: