jump to navigation

Tips Aman Mendownload di Dunia Maya Mei 14, 2009

Posted by planktongirl in TI.
trackback

Ketika kita mendownload, tentu kita dalam kondisi terkoneksi dengan internet. Berarti besar kemungkinan untuk menerima berbagai problem yang muncul di internet. Baik terinfeksi virus atau spam, sampai masalah penggunaan hak cipta di internet.

Menurut wikipedia, dari seluruh virus yang beredar di dunia, sebagian besar ditujukan untuk menyerang sistem operasi berbasis window, bahkan linux.

Hampir 95 persen virus adalah virus komputer berbasis window, sisanya dua persen menyerang linux dengan versi 1.4 (dan unix sebagai source dari linux, tentunya). Satu persen menyerang Mac OS 9, Mac OS X (tiger, leopard). Sedangkan 2 persen sisanya menyerang sistem operasi lain seperti, FreeBSD, OS/2 IBM dan Sun operating system.

Berikut ini ada beberapa tips cara aman dalam melakukan download di internet :

  1. Untuk mencegah penggunaan hak cipta di dunia maya, ada baiknya jika kamu menggunakan program2 open cource (freeware) yang tersebar cukup banyak di internet. Maksudnya, jika ada yang gratisan untuk apa kita harus melanggar hak cipta karya orang lain. Jadi, gunakanlah program2 yang memang dengan sengaja di distribusikan gratis oleh pembuatnya.
  2. Namun, apabila kamu memang membutuhkan program yang bersifat shareware, usahakanlah untuk membeli lisensinya secara legal.
  3. Untuk mencegah hadirnya virus, spyware, malware, dan sebagainya disarankan agar kamu lebih berhati – hati dalam memilih extension file yang akan di download, khususnya extension file. exe. Biasanya pada window, extension file dari virus adalah exe seperti layaknya pada program biasa, karena virus itu sifatnya ex-ecutable (.exe). Tujuannya tentu saja untuk menjalankan virus yang di tanam di dalam file.exe. Tanpa sepengetahuan penggunanya.
  4. Jika kamu mendapatkan file dari situs resmi maka resiko tertularnya komputer cukup kecil.
  5. Jika kamu mendapatkan file tersebut dari situs yang tidak resmi maka disarankan agar kamu memilih file denga extension kompresi seperti ZIP atau RAR. File2 tersebut adalah file yang telah di kompresi agar keamanan file lebih terjaga. Selain itu, ukuran file yang lebih kecil tentu akan membuat proses download menjadi lebih cepat.
  6. Cara yang paling ampuh untuk mencegah virus masuk ke komputer kamu saat mendownload adalah dengan menginstal program anti virus.

Komentar»

1. Hoiron - Mei 15, 2009

Pertamax neeh!!

Wah–wah siip juga tips–tips kamu,,bisa menambah wawasan aku dan bisa di praktekkan!! tapi perasaanku kalo yang namanya instal antivirus itu sudah kewajiban bagi para nge-net jadi enggak perlu di bicarakan mereka sudah tau semua…xixixixi

Neng tukeran link donk,,link neng sudah aku pasang*suer*

2. Hoiron - Mei 15, 2009

*koment lagi aah*xixixixi

Neng aku punya saran neeh soal linknya neng,,tolong dong linknya di atur sedikit biar enggak semerawut gitu*A-Z*

3. udin gambut - Mei 15, 2009

tambahan; pengen aman so jangan deket2 ama yang namanya situs parno. ok?

4. aidicard - Mei 16, 2009

sipp.. emang huabet cewe yg atu ini ngasih info..😀

@ Hoiron :
quote
Neng aku punya saran neeh soal linknya neng,,tolong dong linknya di atur sedikit biar enggak semerawut gitu*A-Z*

perasaan link2 nya udah teratur deh, ascending gtu..

5. Harry - Mei 16, 2009

Yah virus emang bikin BT..nggak keliatan tapi kerasa..coba bentuknya segede kucing dah gw tonjokin atu atu…hehehehe
Thanks ya buat infonya…
salam knal…

6. coey_paringin - Mei 17, 2009

wah,, sip bgt infonya…
di dunia maya pun ternyata da etikanya yah,,, harus minta ijin ma yang punya lisensi alias bayar.. ta kirain tinggal comot en donlot aja.. hehehe
andai semua bisa gratisan *gubraak*

o iya,, ta link yah,, blognya yatie di blogku ^_*v

7. Rizal - Mei 18, 2009

Tips tambahan agar download cepat, sebeLum menuju Link download masuk dlu kesini … hehehehe …

8. Hoiron - Mei 18, 2009

Widiiiih!!Namaku bukan hairon kalee,,tapi hoiron neng


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: