jump to navigation

Membuat kalender dari koleksi foto April 13, 2009

Posted by planktongirl in TI.
trackback

Ide menjadikan koleksi foto sebagai kalender juga bisa menjadi konsep gimmick atau menjadi souvenir di acara pernikahan, misalnya dengan cara membuat koleksi foto prawedding pasangan mempelai menjadi kalender. Kemudian membagikannya kepada para tamu. hasilnya di jamin unik.

Kendati sudah nyaris pertengahan tahun, ngga da salahnya bua1602371pt kamu berkreasi membuat kalender berfoto. Yang perlu di siapkan cuma komputer yang telah terinstal aplikasi pembuat kalender gratisan, printer warna dan kertas sebagai media cetak. Aplikasi gratisan yang di perlukan disini adalah TKexe fotokalender.softwear ini bisa di download dari situs http://www.tkexe.de

ayo mulai berkreasi !!!

  1. Donwload dulu installer file aplikasi dari situs http://www.tkexe.de/donwloadsindex.htm Selanjutnya installah ke komputer kamu. Aplikasi ini mensyaratkan sistem windows NT/2000/XP/VISTA,ruang hardisk 25 MB, dan driver printer. Kalau sudah, jalankan aplikasi dari menu start
  2. Pada jendela aplikasi yang muncul, klik [create new file]. Pada box yang nongol, tentukan folder simpan dari kalender yang akan buat, beri nama pada kotak isian “file name” lalu klik [save]. Format kalender ini adalah mdb.
  3. Langkah berikutnya adalah memilih template. Template yang tersedia hanyar untuk kalender dinding, terdiri dari bulanan, kelender ulang tahun, tahunan, hingga fasilitas photo presentation. Klik [next >>].
  4. Pilihlah opsi [print on local printer] untuk mencetak printer dengan printer sendiri. Tentukan ukuran kertas yang dipakai dengan mengklik opsi [match print size to paper size], lalu klik [recomanded size] untuk memilih ukuran kertas yang dipakai, jika sudah, klik [Next>>]
  5. Di box berikutnya, tentukan bulan dan tahun yang ingin di buat pada kalender. Klik [Next>>]. Selanjutnya pilih model template desain. Pilih yang kamu sukai, lalu klik [ use selected template]. Tunggu beberapa saat hingga muncul jendela kerja untuk mengolah desain kalender.
  6. Jendela kerja pada kalender akan segera muncul berbarengan dengan sebuah box dialog untuk mencari foto dari hard drive kamu. Cari dan pilih foto yang pengen digunakan di kalender. Tampilan foto dari folder yang dipilih akan muncul di sisi bawah box. Untuk memasukan ke kalender, klik foto pilihan lalu tarik kearah kalender.
  7. Kamu bisa mengubah ukurannya, menyesuaikan bidang kalender dengan menarik sisi samping atau bawah gambar pun kamu dapat mengubah setiap komponen yang muncul di kalender. Misalnya, jenis huruf kalender, warna bachground dan sebagainya. Caranya tinggal klik komponen tersebut lalu tunggu sampai muncul box dialog.
  8. Misalnya kamu ingin mengubah warna dan jenis huruf dari nama bulan klik nama tersebut dan tunggu box “month / year” muncul untuk mengubah jenis huruf , klik tombol [font], lalu pilih huruf baru dari box yang muncul berikut warnanya dari tombol {color]. Untuk menyudahi klik tombol [ok]. Oh ya, setiap komponen juga bisa di geser lokasinya dengan pointer.
  9. Untuk mulai mencetak, siapkan printer yang sudah terkoneksi ke komputer kamu dan jangan lupa kertasnya. Klik [file]>>[print]. Pilih halaman bulan apasaja yang pengen kamu cetak dari box “print” . Klik angka bulan lalu klik [>>]. Lanjutkan dengan memilih nama printer, lalu klik[print]
  10. Setelah semua tercetak, gabungkan kembali menggunakan klip spiral yang bisa kamu beli di toko buku dan stationary. Jangan lupa buat dulu lubang2 di bagian atas kalender denan alat pembuat lubang. selanjutnya kalender tinggal di pasang di dinding.

Selain menggunakan softwear tkexe fotokalender, kamu juga bisa menggunakan softwear yang lain seperti fotobook editor, TKexe kalender, arcsoft print creation, focusviewer, imagistik calender builder, dan calenderpainter.

Komentar»

1. syafwan - April 14, 2009

ane coba ya bu. nanti ta kirim hasinya. kalender dengan background mukaku yang ganteng. he…

2. Andri Journal - April 16, 2009

Kreatif.🙂 Langkah2nya juga dijelaskan dengan sangat teliti. Bisa dipakai buat para caleg untuk buat kalender kampanye..hehehe…

Kalau ada waktu tolong mampir ke blogku ya. Ada request masalah ONLINE SHOPPING di sana. Terima kasih.

Salam.🙂

3. tambal BAN - April 16, 2009

kada ngalih lagi kita nukar almanak lah…. ada kah nang sdh jadi… kirimin ulun lah…. hehehe

4. planktongirl - April 17, 2009

@ safwan ; yoyoi..di tunggu loh hasilnya, tapi backgounx yg make mukax yatie azH…

@ Andrie J ; hehehe…kampanye udah lewat…

@ Tambal Ban ; banyak ae yg sudah jadi, ambil az di pasar…wkwkkwkk…

5. anas - April 18, 2009

wah keren nih info nya….
boleh di coba tuh kayaknya.apalagi aq lumayan byk foto alam kalimantan.tp bs gak ya bikin kalender itu???hehe…

6. jay - April 19, 2009

alat untuk melubangi nya mahal nga nich?

7. sugeng - Desember 29, 2009

hu hu untung untung ilmu baru
thank u tlah bagi bagi ilmu !!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: