jump to navigation

Festival Jukung Hias Kalimantan Selatan Maret 4, 2009

Posted by planktongirl in Seputar Kalsel.
trackback

Dalam rangka memperingati hari jadi kota Banjarmasin, pemerintah kota setiap tahunnya mengadakan suatu acara pesta rakyat yaitu lomba jukung hias. Lomba jukung ini terbuka untuk umum. Para pesertanya berasal dari kampung – kampung, perusahaan, instansi pemerintah maupun RT. Pada malam itu sungai Martapura akan bertabur cahaya, dan disitu akan banyak jukung serta klotok yang menyisiri lokasi sepanjang Jembatan Merdeka hingga Jembatan Pasar Lama.

Di tengah sungai itu ratusan perahu dengan berbagai model dan bentuk ukiran – ukiran seperti kepala naga dan bentuk ikan serta berbagai atraksi budaya juga di peragakan di atas jukung peserta sehingga menjadikan suasana lebih hidup. Selain adanya berbagai macam atraksi, pada malam itu juga dihiasi dengan pesta kembang api yang membuat langit di Banjarmasin akan terang menderang. Suasana pada malam itu benar – benar tak kalah dengan pesta Tahun Baru dan bahkan lebih meriah dibanding konser – konser musik modern artis ibu kota.

Festival jukung hias ini selain sebagai ajang hiburan buat masyarakat Banjar, juga bertujuan mempromosikan daerah untuk menunjang kepariwisataan sehingga mampu menjadi daya tarik wisatawan mancanegara terhadap keingintahuannya dengan apa yang disebut – sebut lomba jukung yang legendaris dan khas di Kalsel ini. Selain itu bagi masyarakat Banjar sendiri yang dari tahun ketahun menyaksikan tidak merasa bosan, padahal mereka sudah akrab dengan jukung atau klotok, namun antusiasme mereka tetap tinggi. Antusiasme itu unik mengingat pada dasarnya sebagian penonton hanya menonton potret diri budaya mereka sendiri.

Sumber ; http://www.kompas.com

http://www.jurnalisme.org

Komentar»

1. Lian - Maret 4, 2009

ehm…nie salah satu kebudayaan yang perlu kita lestarikan,aku bangga sebagai urang banua….
Maju taruss kalsel………….

2. gusti - Maret 4, 2009

wah.. keren tuh jukungnya.. hehehee..

3. syafwan - Maret 5, 2009

3 tahun berturut-turut nga pernah nonton. Kapan lagi ya?

@ nah, taon nich kudu nonton, alx KB ikut’n..whukikikk…

4. Dillah - Maret 5, 2009

# syafwan : kemna za imax 3 tahun berturut2…

jukung KB adalah yu…🙂

@ Nach..ntu tch…kayanya KB jng ketinggalan jua…

5. soulharmony - Maret 5, 2009

eventnya udah lama, saya juga berada di sana untuk jepret2 para model hehe

6. Sii Eby - Maret 5, 2009

wahh… kayaknya KB perlu ikutan nih… satu perahu buat KB cukup g ya??? *ngitung KKB

@ kada cukup s’buah non???

7. Ayah - Maret 5, 2009

Melihat dari jauh aja ach…
salam hangat dari ayah…

@ salam hangat kembali…

8. Yulian - Maret 5, 2009

@ soul :

Jepret -jepretny pakai galang gatah kah Chand…? sakiiit..ih..

9. Violin_Kyen - Maret 5, 2009

Eh Jukung nya tuh be mesin lah dangsanak^^,,,,,,,, ??!!
Hehehehee,,, ^^ !!!

Klo kada bemesin,, kada uyuh kah mangayuh,,,
Barat eh^^,,,,,,,,.

@ planktongirl : b’mesin haja’ah dingsanak ae..

10. anas - Maret 6, 2009

salah event menarik yg aku gak pernah bosan mengunjungi nya.
bahkan aku udah kirim email, milis, promo juga melalui blog ke temen2 di luar banjarmasin ttg acara ini.
kayaknya mereka tertarik utk berkunjung pd event berikutnya.

@ sip…yatie dukung om..

11. abdicted - Maret 8, 2009

Event menarik euy……:)

12. BlogM/Kyaiblog - Maret 16, 2009

Mantabbb. Ayo ja mudahan sukses lah…, pina pas pang awan tema nih ampun situ. Saran…, mun kawa pasang jua hauww shoutmixnya hehehe…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: