jump to navigation

5 Cara Amankan Blackberry Februari 1, 2009

Posted by planktongirl in TI.
trackback

1. Perlakukan Blackberry kamu seperti sebuah PC.

penyebaran infeksi virus di Blackberry karena sifat malware yang berubah.
Malware yang paling banyak menjangkiti Blackberry adalah spyware. Padahal spyware bisa mengintai setiap e-mail dan pesan SMS yang keluar dan masuk Blackberry. Bahkan dapat secara remote menghidupkan telepon dan menguping percakapan yang ada.

2. Jangan sembrono.
Kamu jangan sembarangan mengaktifkan Blackberry: mengecek dan membalas e-mail yang terkait dengan pekerjaan.
Berhati-hatilah. Jaga informasi pribadi kamu dengan tidak menggunakan Blackberry di tempat-tempat yang terbuka atau di keramaian. Juga jangan bertelepon di tempat kerumunan.

3. Jangan ditinggalkan!

Saran ini memang paling masuk akal, tetapi justru juga yang menjadi awal bencana bagi pengguna Blackberry. Maklum Blackberry kecil sehingga bisa dengan mudah ketinggalan di mana saja; di foodcourt, restoran saat kamu meletakannya di meja, ngobrol, lalu melupakannya. Bukan cuma resiko ketinggalan, tetapi juga membuka peluang bagi pencuri, yang dapat saja mengambil data sensitif atau meng-install trojan horse dalam tempo beberapa detik saat memegang perangkat tersebut.

4. Buat back up.

Hmm, kamu tidak mengikuti saran no. 3 dan sekarang bingung dengan keberadaan Blackberry kamu. Apa yang bisa kamu lakukan?
Jika Blackberry itu milik perusahaan dan kamu bekerja di perusahaan yang memiliki server Blackberry, segera hubungi bagian TI kantor. Mereka bisa mengunci dan menghapus isi Blackberry kamu dari jarak jauh.

Jika Blackberry itu milik pribadi, pertimbangkan memasang software yang dapat memberi kemampuan seperti di atas. Membeli program yang menyediakan akses remote berarti kamu bisa mengunci perangkat sehingga orang lain tidak bisa mengaksesnya. Kamu juga dapat mem-backup informasi yang tersimpan di Blackberry dan menghapusnya saat kamu sadar Blackberry kamu hilang dan tidak akan kembali lagi.

Membeli software akses remote berarti yang hilang hanyalah unitnya, bukan data yang tersimpan di dalamnya.
5. Gunakan enkripsi.
Enkripsi sudah tersedia di perangkat buatan RIM tersebut. Yang perlu dilakukan hanyalah mengaktifkannya. Sayangnya tidak banyak yang melakukan hal tersebut.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: