jump to navigation

Pesta Laut Pantai Pagatan Maret 5, 2009

Posted by planktongirl in Seputar Kalsel.
trackback

Siapa yang tidak mengenal Wisata Pantai Pagatan, pantai yang terletak pada Kecamatan Kusam Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Jarak tempuh yang lumayan jauh dari Banjarmasin mungkin membutuhkan waktu + 8 jam. Pantai pagatan tergolong istimewa,karena memiliki panorama laut biru,deburan ombak yg relatif kecil,pohon kelapa yg melambai-lambai.dan angin laut yang bertiup sepoi – sepoi. Selain itu yang membedakan Pantai Pagatan dengan pantai – pantai yang lain adalah adanya acara ritual khas nelayan keturunan Bugis di kawasan sekitar pantai Pagatan yang biasa di sebut Pesta Laut. Pesta Laut di laksanakan pada pertengahan bulan April. Upacara ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur atas sebagai limpahan hasil laut dan sekaligus memohon perlindungan selama nelayan berada di laut waktu sedang bekerja. Puncak acara yang lebih di kenal dengan “Pesta Laut” ini adalah melabuhkan sesajen yang sebelumnya telah di bacakan sejenis mantra ke tengah laut. Biasanya acara ini juga di meriahkan dengan adanya atraksi musik dan tarian2 tradisional.

Tapi terkait dengan pelaksanaannya yang juga di adakan pada malam hari, saya rasa akan membawa dampak negatif seperti adanya arena perjudian di sekitar kawasan pantai, bahkan ada juga di semak – semak terdapat sepasang kekasih yang sedang melakukan aktivitas adegan mesum. sehingga nilai kesakralannya pun berkurang. Sungguh sangat di sayangkan kalau acara ritual seperti ini harus di hiasi dengan hal – hal yang membawa dampak buruk seperti ini.images4

About these ads

Komentar»

1. Said - Maret 6, 2009

Iya juga sieh…
Saya beberapa kali kesana juga dimana2 terlihat adegan…

@ malahan kemarin sempat beredar videonya, tp lokasinya di pulau salak..tetangga’an ama pagatan.

2. rezaldo - Maret 6, 2009

wow said kesana cuman untuk lihat adegan itu hehehe

3. anas - Maret 6, 2009

aku dua kali ke pantai ini.
pasir nya lumayan bersih.
malah sekarang ada hotel setara bintang 3.
semoga dunia wisata kalsel makin maju.

@ yeps…hotel al – muhibbin..

4. nia - Maret 6, 2009

aku blm pernah sama sekali .. hiks

5. planktongirl - Maret 7, 2009

@ mba Nia: pertengahan bulan april depan bakal digelar lagi tch, monggo mba…mampir kesana.

6. Qomariah - Maret 26, 2009

tapi saya rasa meskipun ada adegan2 para muda-mudi yg ga bermoral pesta pantai tetep rame kok,,,,

tp saya kurang setuju dengan di pindahkanx tempat pesta pantai tersebut,,,

makasih……..
(mey_djava@yahoo.com

7. Ridwan Hidayat - April 7, 2009

Pesta Pantai di Pagatan rame sih… hampir semua penduduk Tanah Bumbu & bahkan tak jarang dari luar Tanbu, bertumpah ruah pergi ke Pesta Pantai Pagatan yg di adakan 1 tahun sekali
tapi setelah pesta pantai usai ada pemandangan kontras dengan beberapa hari sebelumnya “penuh dg moda mudi berpakaian serba seksi, yg bermobil mewah juga ada”
yg tersisa hanya
“PEREMPUAN KUMAL DAN BAU BACIN”
Tanpa kita sadari, benak kita telah penuh dengan gambaran yang senantiasa menghubungkan pantai dengan kesempatan untuk berlibur, keindahan yang mempesona, tempat di mana janji-kasih diucapkan dan segala hal yang romantik dan memabukkan dan gambaran semacam itu tidaklah sepenuhnya keliru. di pantai-pantai kita memang terdapat berbagai macam keindahan dan romantisme. di tempat itu juga penuh dengan ruang di mana kita bisa mereparasi kelelahan dan kesumpegan. namun di tempat yang sama, sebenarnya, juga terdapat erang mereka yang tengah menyabung nyawa untuk mencari sesuap nasi dan keluh-kesah mereka yang selalu luput menggenggam rejekinya.
maka janganlah kemudian merasa tak nyaman jika di tempat yang terlanjur ditabalkan sebagai lokasi setengah-surga itu kita bertemu dengan para perempuan nelayan yang berpakaian tak secerlang para selebritis yang tengah mandi matahari. juga jangan tak enak hati jika hidung kita tak disambut dengan aroma melati krim penawar sinar matahari.
mereka berdua – si perempuan kumal dan bau bacin – adalah para peri yang senantiasa membangunkan kita dari mimpi buruk. merekalah para bidadari yang senantiasa membangunkan kesadaran kita agar tak terjebak menjadi sebuah bangsa yang lebih suka mempermanis makam katimbang mempermakna kehidupannya.
syukur pada Allah yang telah mengirimkan ‘malaikat’nya untuk menjaga kita.

8. Ridwan Hidayat - April 7, 2009

untuk mengetahui Pantai Pagatan dari sisi lain, selain kemeriahan Pesta Pantai, bisa lihat d Blog Q : anginlautpagatan.blogspot.com

Ridwan Hidayat
dwan_hr@yahoo.com
anginlautpagatan@yahoo.com

9. Zhie - Juni 8, 2009

Rame sCh rame. Akan tetapi masih rame bila acara tersebut tetap diadakan di pantai Koramil Pagatan tinimbang di desa jukueja. Soalnya, acaranya malah terbagi menjadi dua tempat. Nggak rame kan?????


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: